Borneonews - Suara Rakyat Kalimantan
TNI - Polri bahu membahu membantu mengevakuasi korban kebakaran kapal Dharma Kencana II, yang membutuhkan pertolongan medis.
TNI - Polri bahu membahu membantu mengevakuasi korban kebakaran kapal Dharma Kencana II, yang membutuhkan pertolongan medis.

TNI - Polri Bahu Membahu Evakuasi Korban Kebakaran Kapal Dharma Kencana II

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Musibah terbakarnya Kapal Dharma Kencana II di 20 mil Pelabuhan Tanjung Mas Semarang tepatnya diposisi 05°04'08"S 109°53'97"E sekitar 47 mil utara Karimunjawa sekitar pukul 4.45 WIB, Sabtu (28/10/2017), membangkitkan rasa solidaritas dari unsur TNI - Polri dan stake holder lainnya.

Kerja keras semua unsur tim yang terlibat dalam evakuasi penumpang KM Dharma Kencana II yang tiba di Pelabuhan Kumai terlihat saat penumpang sudah mulai turun, bukan saja terhadap korban kebakaran kapal tetapi juga kepada penumpang kapal Kirana I tujuan Kumai.

Kapal evakuasi Kirana I yang mengangkut penumpang tujuan Kumai, dipersilahkan oleh petugas untuk terlebih dahulu turun, saat itu tanpa di komando prajurit TNI baij dari AD, AL, Polri dan Satpol PP Kobar, segera naik ke tangga saat penumpang mulai diinstruksikan untuk turun dan membantu mengangkat baik barang atau anak - anak yang menuruni tangga, mereka juga tak segan menuntun penumpang berusia lanjut untuk menuruni tangga.

Usai seluruh penumpang Kirana I sudah turun semua, petugas segera menginstruksikan penumpang korban terbakarnya kapal Dharma Kencana II untuk turun, perlahan penumpang yang terdiri dari para orang tua, anak balita dan ibu - ibu menuruni tangga demi tangga di bantu oleh para prajurit berseragam.

Tidak terkecuali yang dalam kondisi tidak sehat, mereka segera disambut oleh prajurit TNI dan Polri yang membimbing mereka hingga ke ruang transit pelabuhan.

Poniman, salah satu korban kapal terbakar mengapresiasi kekompakan tim dari TNI dan Polri yang tanpa lelah membantu penumpang sejak dari turun kapal hingga membantu penumpang saat akan melanjutkan perjalanan ke Pontianak menggunakan bus.

"Terima kasih atas kerja keras semua pihak yang telah bersatu untuk membantu kami," kata Poniman.

Komandan Kodim 1014/PBN, Letkol Inf Wisnu Kurniawan saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sinergitas pada saat proses evakuasi korban kapal terbakar Dharma Kencana II antara TNI - Polri, serta unsur lainnya harus tetap dijaga dan dipertahankan. " Bahu membahu antara TNI - Polri dalam evakuasi korban kebakaran kapal Dharma Kencana II merupakan wujud sinergitas yang harus terus dijaga dan dipertahankan, berpadu untuk rakyat," tegas Wisnu, Selasa (31/10/2017). (KOKO SULISTYO/B-5)